Halo! Sudah lama sekali tidak membuat postingan di dalam blog ini. Pada post kali ini saya akan mengulas sebuah video dengan topik Multithreading dan Multiprocessing. Sekilas saat mendengar kedua hal tersebut pasti akan terdengar sama sebab intinya adalah sama-sama melakukan multitasking, namun ternyata kedua hal tersebut merupakan hal yang sangat berbeda, sebenarnya apa perbedaan kedua hal tersebut? Video ini berjudul "Perbedaan Multiprocessing dan Multithreading" yang dipublikasikan pada 11 April 2015 oleh HowTo dengan durasi 5:30 menit dan memiliki 3673 viewers.

Video ini menjelaskan multiprocessing dan multithreading dengan animasi yaitu sebuah restoran yang dimiliki oleh seorang pemuda yang menjadi pemilik restoran tersebut dan satu-satunya pelayan yang ada di dalam restoran tersebut. Multiprocessing diibaratkan dengan membuka restoran baru yang sama dengan pemilik baru dan multithreading diibaratkan dengan menambah jumlah pelayan dalam satu restoran tersebut. Dari penjelasan tersebut terlihat perbedaan antara Process dan Thread yaitu akan lebih mudah untuk menambahkan thread pada suatu process dibandingkan dengan menambahkan process baru sebab Thread sifatnya lebih ringan dan Process lebih berat. Perbedaan lainnya adalah thread berjalan di dalam shared memori sedangkan process berjalan dalam memori yang berbeda seperti dalam ilustrasi video tersebut.

Dapat disimpulkan bahwa multiprocessing dan multithreading merupakan hal yang serupa namun tak sama. Kenapa serupa? karena kedua hal tersebut sama-sama menjalankan multitasking namun berbeda dari alokasi memori serta tingkat kesulitan untuk menciptakan thread atau process baru, thread bersifat lightweight dan process heavyweight. Saya sangat merekomendasikan kepada teman-teman yang ingin mempelajari multiprocessing dan multithreading supaya menonton video ini sebab penjelasannya sangat menarik dan mudah dipahami.

GITHUB Account : graceanglc
URL Ulasan: http://graceanglc.blogspot.com/2017/05/multiprocessing-vs-multithreading.html
URL konten Youtube: https://www.youtube.com/watch?v=wPgsqatFXBo
Video Author: HowTo
Pemetaan konten: week06
Submisi Revisi Pertama : 21 Mei 2017
Submisi Revisi Terakhir: 21 Mei 2017