Di baptis tanggal 17 Desember 1770 di Bonn. Beethoven udah jadi musikus handal di usianya yang masih sangat muda. Ayah Beethoven (Johann van Beethoven) seorang penyanyi tenor untuk pangeran Bonn sejak tahun 1752, kakek Beethoven (Ludwig Louis van Beethoven) juga seorang penyanyi di kapel istana Bonn. Karna dilahirkan dari keluarga musikus seperti itu maka ayah Beethoven memaksa anaknya untuk latian piano berjam-jam, karna menginginkan anaknya menjadi "Anak ajaib" seperti Wolgang A.Mozart. Beethoven mengadakan konser pertamanya pada tanggal 26 Maret 1778, tetapi kepandaiannya tidak sama dengan Mozart pada usia yang sama.
 Beethoven pada umur 13 tahun


Pada tahun 1787 Beetoven pindah ke Wina. Disana ia betemu Mozart dan bermain piano didepannya. Mozart sangat kagum pada Beethoven, dan mengatakan bahwa Beethoven akan menjadi musikus besar suatu saat nanti.Namun kunjungan Beethoven hanya sementara, karena uangnya habis. Dia juga dipanggil pulang ke Bonn karena ibunya sakit parah akibat TBC, yang kemudia merenggut nyawanya pada tanggal 17 Juli 1787. Beethoven terbeban mengurusi kedua adiknya yang masih kecil, karena ayahnya pemabuk dan menghambur-hamburkan uang unutk alkohol, Beethoven meminta agar gaji ayahnya diberikan kepadanya. Beethoven mendapat penghasilan tetap dengan cara memberi les piano kepada keluarga bangsawan.

Pada pertengahan 1801, Beethoven mulai menyadari bahwa pendengarannya mulai berkurang. Beethoven sangat sedih atas apa yang menimpanya ini, bahkan dia menjadi depresi dan minder dalam pergaulan sosial.Selain karna mulai berkurang pendengarannya alasan Beethoven menjadi depresi adalah karna ia tak kunjung mendapat 'teman hidup'. Banyak wanita bangsawan yang ia cintai namun kebanyakan cintanya hanya bertepuk sebelah tangan. Pada tahun 1802, dia mulai keluar dari kemuramannya dan kembali membuat komposisi.
 Beethoven pada tahun 1804

Pada tahun 1808, Beethoven sesungguhnya ingin pindah dan bekerja pada Jerome Napoleon di Cassel dengan gaji 2400 gulden/tahun. Namun, teman-temannya dari kalangan bangsawannya, antara lain Pangeran Rudolph , Pangeran Lobkowitz, dan Kinsky meminta Beethoven untuk tetap tinggal dengan jaminan mereka akan membayar gaji Beethoven sebesar 4000 Gulden per tahun. Beethoven juga membuat komposisi Piano Concerto No. 5 in B Flat Major ‘Emperor’, Op. 73, yang didekasikan untuk Pangeran Rudolph dan String Quartet in E Flat Major, Op. 74. Pada tahun yang sama, Napoleon menduduki kembali kota Wina sehingga banyak bangsawan yang melarikan diri dari sana. Beethoven menciptakanPiano Sonata in Eb ‘Les adieux’, Op. 81a.
Pada tahun 1811, Beethoven semakin depresi pada masa sulit ini. Terutama karena ia tak berhasil mendapat jodoh. Salah satu wanita yang ia pinang adalah Countess Therese Malfatti namun ia ditolak. Beethoven juga mengalami krisis keuangan karena terjadi penurunan mata uang kertas di Wina. Harga uang menjadi seperlima dari mata uang terbaru. Beethoven juga mengalami perselisihan dengan adiknya, Johann. Namun, Beethoven mulai mengerjakan Symphony No. 7 in A Major, Op. 92 dan selesai pada awal 1812.
Pada musim semi tahun 1812, Beethoven berkunjung ke spa di Teplitz dan bertemu dengan Johann Wolfgang von Goethe, salah satu orang yang paling ia kagumi semenjak masa kecilnya. Pada tanggal 8 Desember 1813, Beethoven membuat simfoni ‘perang’ berjudul Wellington’s Victory. Beberapa komponis terkenal seperti Hummel, Mayseder, Moscheles, dan Salieri ikut ambil bagian pada pementasan simfoni ini.
Pada tahun 1826, Beethoven menderita demam tinggi, yang ternyata disebabkan oleh sakit ginjal. Penyakitnya tak tertolong dan dia meninggal pada tanggal 26 Maret 1827.

 
Beethoven pada tahun 1820.